2 Cara Mengetahui Website Menggunakan CMS Apa

2 Cara Mengetahui Website Menggunakan CMS Apa

website

“Dia menggunakan CMS apa sih? Kok bagus? Kok responsive?” Pertanyaan-pertanyaan tersebut mungkin pernah Anda pikirkan.  Atau, pernahkah memikirkan, “Adakah cara mengetahui website menggunakan cms apa?

Jika iya, Anda berada di artikel yang tepat untuk mendapatkan jawabannya. Ada 2 cara yang bisa Anda lakukan, yaitu cara manual dan menggunakan tools.

Mengenal Apa Itu CMS

Mungkin Anda bingung, CMS itu apa sih? Apa fungsinya? Apa saja yang termasuk CMS?

Content Management System atau CMS adalah software yang memungkinkan user atau penggunanya membuat dan mengatur website dan konten yang ada di dalamnya. Adanya CMS ini memungkinkan Anda untuk lebih mudah membuat website dan mengelolanya.

Di Indonesia sendiri, setidaknya ada 6 CMS yang paling banyak digunakan dan tingkat kesulitannya, yaitu:

  1. WordPress : mudah.
  2. Blogger : mudah.
  3. Tumblr: mudah.
  4. Joomla: sedang.
  5. Drupal: sedang.
  6. Prestashop: sedang.

Selain 6 CMS tersebut, kini juga ada WIX yang bisa dijadikan alternatif untuk membuat website. Terutama jika website Anda berfokus pada gambar.

Masing-masing CMS tersebut memiliki keunggulan dan kelemahannya sendiri. Jadi, Anda perlu tahu kemampuan dan website apa yang akan dibuat. Setelah itu, Anda bisa menggunakan Sribulancer jasa pembuatan website yang handal untuk membuatkannya.

Cara Tahu CMS yang Digunakan

2 Cara Mengetahui Website Menggunakan CMS Apa
2 Cara Mengetahui Website Menggunakan CMS Apa

Ada 2 cara mengetahui website menggunakan cms apa. Pertama adalah dengan cara manual, kedua adalah dengan tools yang disebut dengan builtwith.

  • Cara Manual

Cara manual bisa jadi cara pertama yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui jenis CMS yang digunakan oleh orang lain. Banyak yang mengatakan jika cara manual ini cukup sederhana. Namun, dengan catatan bahwa Anda tahu cara kerjanya.

Caranya, yaitu:

  1. Masuk ke website yang ingin Anda cek informasinya.
  2. Klik kanan > view page source (jika Anda menggunakan Chrome).
  3. Nantinya, Anda akan masuk ke halaman source code.
  4. Cek meta tag. Anda bisa mencari dengan ctrl+F, tag <meta name=”generator”…..>powered-by.
  5. Nantinya akan tertulis CMS apa yang akan digunakan di website tersebut.
  • Menggunakan Tools

Tools yang digunakan adalah builtwith. Untuk menggunakannya, Anda harus membuka website builtwith terlebih dahulu. Kemudian, lakukan cara berikut:

  1. Masukkan nama website yang ingin Anda cek CMS-nya di kolom yang disediakan.
  2. Enter atau klik lookup. Nantinya akan muncul informasi mengenai website tersebut. Beberapa diantaranya adalah CMS dan framework yang digunakan.
  3. Dari informasi tersebut, Anda bisa membandingkan dan mempertimbangkan apakah akan menggunakan CMS dengan framework yang sama atau tidak.

Jadi, bagaimana cara mengetahui website menggunakan cms apa? Caranya adalah dengan menggunakan cara yang manual dan bisa juga dengan tools. Anda bisa mengecek menggunakan salah satu atau keduanya dan Anda bisa menjadikannya sebagai pertimbangan sebelum membuat website.