Kamera Mirrorles Canon

3 Kamera Video Yang Direkomendasikan Untuk Pemula

Design

Untuk membuat video dengan kualitas dan hasil yang bagus, tentu kamera menjadi peralatan utama yang harus disediakan. Meskipun memiliki bakat dan kemampuan yang baik tentang videografi, jika kamera yang digunakan tidak mendukung, maka hasil gambar yang direkam pun tidak akan bagus kualitasnya. 

Kamera dengan fitur dan kecanggihan yang memadai, tentu menjadi pendukung utama hasil rekaman gambar. Apalagi bagi para pemula yang baru terjun di dunia videografi, memilih kamera adalah hal nomor 1 yang wajib diperhatikan. Kamera dengan tingkat pengoperasian yang mudah, akan semakin mempermudah para pemula untuk mendapatkan hasil gambar yang diinginkan.

Di artikel ini Cryptoru Blog membuat daftar kamera-kamera yang sangat cocok digunakan oleh para pemula, dengan tingkat pengoperasiannya yang mudah. Berikut ulasannya :

Canon EOS M3

Kamera ini merupakan kamera entry-level yang diluncurkan pada tahun 2015. Apa yang membuat EOS M3 sangat cocok dengan para pemula adalah tampilan menu yang sangat sederhana, mudah dipahami dengan tata letak yang rapi. Ini akan sangat memudahkan pengoperasian untuk para pemula, yang belum begitu banyak mengerti teknik-teknik videografi tingkat lanjut.

Selain itu, kualitas yang dihasilkan Canon EOS M3 sangat bagus. Sehingga tidak dibutuhkan editing atau olahan lebih. Fitur Auto Focusnya juga sangat memudahkan bagi para pemula untuk pengambilan gambar yang terlihat seperti seorang profesional. 

Dilengkapi layar sentuh, sehingga tidak akan merepotkan para pemula untuk memencet tombol-tombol yang ada. Hal ini juga meminimalisir terjadinya salah pencet tombol, yang bisa mengganggu proses pengambilan gambar. 

Untuk harga Canon EOS M3 juga cukup terjangkau untuk mereka yang baru mengenal dunia videografi. Harganya sekitar Rp 5-6 juta an.

YI Mi

Diluncurkan pada tahun 2016, Yi Mi langsung bisa menjadi kamera rujukan untuk mereka yang ingin memulai belajar videografi. Kamera ini dilengkapi sejumlah fitur-fitur yang sangat memudahkan para pemula. Seperti fitur Focus Peaking yang memudahkan pengguna untuk mengatur tingkat fokus kamera secara manual dengan panduan yang disediakan. 

LCD kamera Yi Mi juga bisa secara otomatis mengatur tingkat kecerahan layar. Sehingga saat kondisi gelap, sangat membantu penggunanya untuk mengambil gambar. Kamera ini hanya memiliki 2 tombol fisik untuk pengoperasiannya, praktis hampir seluruh kontrol kendali dilakukan menggunakan layar sentuh. 

Dengan harga sekitar Rp 4 jutaan, kamera ini sudah dilengkapi lensa kit setara 24-80 mm. Tentu harga ini sudah sangat cukup terjangkau sebagai kamera para pemula yang ingin belajar videografi.

Sony A6000

Kamera Sony tipe A6000 adalah kamera mirrorless yang terkenal di kalangan pemula, karena paling sering diulas di situs Youtube. Kamera ini dilengkapi dengan prosesor BIONZ X yang memiliki fitur mengurangi tingkat kabur pada object saat perekaman, sehingga akan mendapatkan detail gambar yang lebih tajam. 

Salah satu kesalahan umum pada pemula adalah adanya guncangan pada kamera. Namun fitur OSS, Optical Steady Shot mampu mengurangi tingkat guncangan, sehingga gambar yang direkam hasilnya lebih stabil. Kamera Sony A6000 dijual dengan harga sekitar 7jt an, yang mungkin sedikit lebih mahal untuk para pemula.