Apa Saja Jenis-Jenis Dari Press Release?

Others

Press release merupakan informasi/berita yang disebarluaskan oleh perusahaan kepada khalayak melalui media massa seperti koran, televisi, radio, atau situs online dengan tujuan tertentu. Pada umumnya, tujuan perusahaan/organisasi memberikan press release adalah untuk mendapatkan publisitas, promosi, branding, atau pencitraan. Seperti yang sudah dibahas pada apa itu sosial media marketing, ketika perusahaan akan mengadakan suatu event/policy dan dirasa perlu untuk menyampaikannya kepada masyarakat luas, maka diperlukan sebuah press release.

Jika ditelaah lebih dalam, tujuan perusahaan/organisasi membuat press release adalah untuk meningkatkan image perusahaan di mata masyarakat. Press release sangat dibutuhkan jika sebuah perusahaan membuka kantor baru atau kantor cabang baru, mempromosikan produk atau layanan baru, mengadakan perjanjian kerjasama dengan perusahaan/instansi lain, penerbitan laporan keuangan perusahaan (biasanya pada perusahaan go public/terbuka), melakukan merger dan akuisisi, serta hal-hal yang bersangkutan dengan kinerja perusahaan lainnya.

Pada umumnya, sistematika penulisan semua jenis press release cenderung terlihat sama saja. Perbedaannya hanya terdapat pada jenis informasi yang disampaikan perusahaan, yaitu :

Basic Press Release

Ini merupakan siaran pers yang menyajikan berbagai macam informasi internal perusahaan/organisasi yang harus dipublikasikan. Basic press release memiliki nilai-nilai berita berbasis lokal, regional, maupun nasional. Jadi jika Anda seorang Public Relations, Anda dapat menggunakan format basic press release untuk menyampaikan informasi umum pada internal perusahaan/organisasi kepada khalayak banyak untuk mendapatkan citra yang baik di mata masyarakat.

Product Release

Ini adalah siaran pers yang mempublikasikan transaksi perusahaan baik pada produk reguler maupun produk khusus. Format product release seringkali dilakukan perusahaan untuk promosi/branding agar menjadi perusahaan terbaik dalam industrinya. Dengan kata lain, ketika perusahaan melakukan product release, mereka sedang berusaha untuk memenangkan persaingan dalam industri usahanya.

Sederhananya begini, setiap konsumen yang akan membeli suatu produk/jasa akan mempertimbangkan berbagai macam aspek seperti keterbukaan informasi, kualitas, harga, popularitas, dan lain sebagainya. Jadi apabila perusahaan melakukan product release, mereka sedang berusaha menciptakan brand image yang baik di mata masyarakat dan kemudian masyarakat akan tertarik pada produk mereka.

Financial Release

Tujuan perusahaan/organisasi mengeluarkan financial release adalah untuk membangun hubungan yang baik dengan relasi dan pemegang saham. Mungkin Anda sudah tahu, informasi keuangan sebuah perusahaan merupakan suatu aspek yang paling vital dalam kelangsungan hidup perusahaan. Semakin baik manajemen keuangan perusahaan akan sangat mendukung kelancaran kehidupan perusahaan.

Selain itu, keterbukaan informasi mengenai keuangan perusahaan sangat dibutuhkan untuk mendapatkan investor potensial yang akan menanamkan modalnya kepada perusahaan. Sebagai contoh, perusahaan yang membuat financial release di Indonesia adalah perusahaan-perusahaan terbuka yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Keterbukaan informasi mengenai keuangan perusahaan ini akan digunakan secara umum baik untuk kepentingan investasi ataupun akademik (penelitian).