Apa Yang Dimaksud Dengan Press Release?

Others

Press Release merupakan berita singkat yang ditulis oleh seorang praktisi public relations atau hubungan masyarakat profesional, yang bertujuan untuk dikirim ke media-media yang ditargetkan. Dalam komunikasi yang informatif ini, penulisan siaran pers harus baik dan bersih, serta menghindari penggunaan bahasa yang terlalu formal.

Siaran pers belum tentu menjadi alat pemasaran untuk membantu meningkatkan penjualan atau artikel berita yang dipenuhi fakta. Press release harus memberikan jawaban untuk pertanyaan 5W1H (apa, di mana, kapan, mengapa, siapa dan bagaimana) tentang berita tersebut pada paragraf utama. Unsur 5W1H menjadi wajib dalam sebuah siaran pers yang akan menjadi berita. Pesan utama dalam judul dan subjudul harus dikomunikasikan untuk menyinggung kepentingan media atau target audiens.

Siaran pers merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan informasi tentang perusahaan, brand, lembaga, individu atau projek tertentu kepada media untuk ditampilkan ke publik dalam wujud berita. Oleh karenanya, siaran pers menjadi salah satu alat paling umum yang digunakan dalam hubungan dengan media. Jasa press release tidak selalu berupa berita, namun juga bisa dalam bentuk pernyataan pers dan peringatan media.

Siaran pers biasanya merupakan salinan berita satu halaman, namun terkadang hingga dua halaman yang digunakan untuk memberikan informasi atau mengumumkan beberapa fakta kepada target audiens. Oleh karena fungsinya sebagai pembawa berita, maka siaran pers tidak dimaksudkan sebagai iklan atau untuk meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, di dalam siaran pers tidak boleh menggunakan kata-kata pujian atau gaya sapaan yang akrab ke konsumen. Selain itu, siaran pers memiliki format dan pedoman standar, sehingga tidak boleh asal tulis.

Dalam siaran pers, seringkali hanya menampilkan teks tanpa disertai dengan foto pendukung. Sebenarnya siaran pers tanpa foto tidak menyalahi aturan. Namun demikian hal ini juga tergantung dari topik siaran pers tersebut, apabila berupa peristiwa atau peluncuran produk maka wajib untuk menyertakan foto-foto yang menjelaskan secara visual.

Meskipun sejumlah media memiliki reporter dan fotografer yang dapat mengabadikan foto, ketersediaan stok foto di dalam siaran pers tetap perlu dan penting. Hal ini berguna bagi media yang tidak bisa melakukan peliputan langsung dan hanya mengandalkan siaran pers saja untuk pemberitaan.

Apabila media memerlukan foto dengan ukuran resolusi besar (biasanya media cetak) maka pihak pengirim siaran pers harus siap untuk menyuplainya. Pengiriman siaran pers dengan foto melalui e-mail terkadang memiliki kendala dalam hal ukuran file yang besar. Untuk mengatasinya, pengirim siaran pers dapat menggunggah foto rilis di layanan cloud seperti GDrive, Dropbox, dan lainnya.

Selain berbentuk teks, siaran pers juga bisa dalam wujud visual (foto, video, infografis). Namun semuanya memiliki tujuan sama yakni mengumumkan informasi, peristiwa, strategi dan situasi kepada media yang layak untuk diberitakan.