Aplikasi desain website

Aplikasi Desain Website Terbaik untuk Desainer Profesional

Design

Ada banyak aplikasi desain website yang menawarkan beragam fitur-fitur canggih. Untuk level profesional, tentu dibutuhkan aplikasi yang benar-benar lengkap dan efektif untuk menunjang pekerjaan desainer. Apalagi untuk menghasilkan desain website yang modern dan responsif, tentu saja aplikasi yang digunakan harus mampu menampilkan preview dengan kualitas tinggi.

Setiap desainer pun mempunyai aplikasi favoritnya masing-masing. Aplikasi A mungkin unggul dalam pengaturan tata letak dengan design view, sementara aplikasi B menyediakan fitur code editor yang lebih canggih dan efektif. Pemilihan aplikasi pun perlu mempertimbangkan fokus dan tujuan awal dalam pembuatan website. Dari sekian banyak aplikasi yang tersedia, beberapa aplikasi di bawah ini adalah yang paling kami rekomendasikan.

 

3 Rekomendasi Aplikasi Desain Website Terpopuler

 

  • Adobe Dreamweaver CC

Pada mulanya, aplikasi ini bernama Macromedia Dreamweaver. Setelah berganti nama, aplikasi ini menjadi semakin canggih dan futuristik untuk memfasilitasi kebutuhan pengembang web. Karena alasan itulah kami menempatkan Adobe Dreamweaver CC dalam daftar rekomendasi aplikasi desain website di urutan pertama.

Aplikasi ini menawarkan dua fitur yang paling dibutuhkan oleh seorang desainer web : design view dan code editor. Design view menampilkan tata letak tampilan web dalam bentuk widget yang bisa dimanipulasi dengan mudah. Code editor menampilkan versi script di balik tampilan website, cocok untuk desainer profesional yang sudah menguasai bahasa pemrograman tingkat tinggi.

 

  • Microsoft Expression Design 4

Microsoft tidak hanya unggul dalam persaingan sistem operasi melalui OS Windows yang masih mendominasi. Aplikasi-aplikasi yang diluncurkan Microsoft pun selalu mendapat tempat di hati penggiat teknologi, termasuk dalam bidang pengembangan website. Microsoft Expression Design 4 adalah salah satu aplikasi desain website besutan Microsoft yang wajib Anda coba.

Terdiri dari 3 paket aplikasi : Expression Web, Expression Encoder, dan Expression Design. Kolaborasi antara ketiga aplikasi tersebut akan menghasilkan tampilan web yang menjadi standar global saat ini. Solusi komprehensif untuk desainer profesional yang menginginkan fitur lengkap dari sebuah aplikasi desain website.

 

  • Adobe Muse

Di urutan ketiga, Adobe kembali mendapat tempat lewat aplikasi desain website bernama Adobe Muse. Aplikasi ini menerapkan metode design view yang semakin populer di kalangan pengembang web. Kalau Anda terbiasa menggunakan platform Content Management System (CMS) seperti WordPress dan Blogger, Anda tidak akan kesulitan menggunakan aplikasi ini.

Dengan Adobe Muse, Anda tidak perlu menulis kode program sama sekali. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memilih, mengatur, dan menempatkan elemen-elemen website yang dikemas dalam bentuk widget. Cara ini tentu jauh lebih praktis dan cepat daripada harus menulis kode program yang rumit dan rawan kesalahan. Metode ini sangat banyak dipakai oleh penyedia jasa desain website murah.

 

Manfaatkan Fitur Uji Coba Aplikasi Desain Website

Sebagian besar vendor menerapkan sistem berbayar pada aplikasi-aplikasi yang mereka luncurkan. Begitu juga dengan ketiga program yang kami jelaskan di atas. Untungnya, ada versi uji coba (Trial) yang bisa Anda manfaatkan. Fitur ini bertujuan agar Anda bisa mencoba versi penuh dari suatu aplikasi secara gratis selama beberapa waktu. Gunakan fitur ini sebelum Anda memutuskan untuk membeli salah satu aplikasi desain website agar Anda mendapatkan hasil yang sepadan dengan biaya yang sudah Anda keluarkan.