Perbedaan Hosting dan Domain

Others

Ada beberapa perbedaan hosting dan domain yang jarang dilihat oleh para pengguna situs website atau server hosting. Keduanya sangatlah berbeda, hal tersebut dapat terlihat dari fungsi serta berbagai aspek lainnya yang sangat mendasar. Jika Anda terbiasa melakukan pencarian informasi tentang pengembangan situs tentu akan mengetahuinya. Berikut beberapa aspek perbedaan yang sifatnya mendasar untuk menjelaskan tentang apa itu domain dan hosting.

Fungsinya

Sebenarnya sebagian besar orang memiliki pertanyaan umum yang sama, yakni tentang apa perbedaan domain dan hosting? Bagi sebagian orang yang belum terbiasa tentu sama sekali belum memahaminya termasuk Anda. Perbedaan tersebut bisa dilihat jika Anda mengetahui secara detail tentang definisi domain, hosting, sekaligus server.

Aspek perbedaan mendasar dari keduanya yakni fungsi, hosting maupun domain memiliki fungsi yang sangat berbeda. Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa hosting merupakan sebuah sebutan terhadap penyimpanan data dalam perangkat komputer. Hosting juga menjadi pusat penyimanan yang dapat terkoneksi secara luas antar perangkat.

Hosting memiliki fungsi utama sebagai penyimpanan data, namun sebutannya akan berubah jika fungsi dan penggunaannya juga berbeda. Hosting pada komputer umumnya tidak memerlukan kinerja dari server. Namun, berbeda ketika hosting digunakan sebagai tempat penyimapan sejumlah data pada situs website, ini disebut sebagai web hosting.

Sedangkan domain memiliki fungsi utama yakni sebagai media untuk mempermudah akses terhadap suatu situs yang mengarahkan perangkat ke alamat IP addres. Dengan bantuan domain, perangkat nantinya dapat terhubung pada alamat server hosting. Meskipun keduanya berbeda, tetapi fungsinya memiliki kaitan sangat erat.

Bentuknya

Perbedaan hosting dan domain yang mendasar selanjutnya bisa Anda lihat dari bentuk keduanya. Secara umum, hosting dapat dilihat bentuk fisiknya dengan kasat mata terutama jika hosting pada komputer biasa. Bentuknya dapat menyerupai perangkat keras maupun perangkat lunak, contohnya seperti hard disk, RAM, prosesor, dan sebagainya.

Sedangkan bentuk hosting yang ada pada sebuah situs website jauh lebih besar dan tak kasat mata. Untuk mengaksesnya Anda membutuhkan server hosting serta koneksi internet agar kecepatan yang diakses tidak mengalami gangguan.

Berbeda dengan hosting, domain bentuknya berupa URL tulisan yang berada di belakang nama sebuah situs tertentu. Domain ini yang memberikan arahan bahwa situs berada di bawah naungan lembaga atau entitas khusus. Hal kepemilikannya pun sangat beragam tergantung cara Anda memilihnya. Contoh dari domain antara lain, seperti .com, .id, .ac.id, dan yang lainnya.

Kegunaan Serta Tugas Keduanya

Memahami perbedaan domain dan hosting sudah sangat jelas jika Anda tetap menyimak seluruh penjelasan sebelumnya. Sebagai ruang penyimpan data, hosting selalu tepat bagi Anda untuk menyimpan beragam file data, mulai dari dokumen tulisan, video, gambar, zip, dan sebagainya.

Hosting juga berguna agar sebuah situs website menjadi lebih hidup dengan berbagai variasi fitur, mulai dari tampilan gambar, video, atau beberapa ikon lainnya. Tugas hosting juga sebagai media untuk menjaga kestabilan koneksi selama berselancar di dunia maya. Namun, hal tersebut tergantung pada besarnya ruang pada server hosting tiap situs.

Sementara itu, secara umum domain memiliki tugas dan kegunaan yang sangat dibutuhkan bagi user untuk mengakses server hosting. Anda tidak akan dapat terhubung pada sebuah jaringan ruang penyimpanan data server tanpa bantuan domain. Anda juga tidak dapat mengembangkan website tanpa domain, mengingat tugasnya mengarahkan pada alamat IP.komputer.

Pengembangan Server Hosting dan Domain

Selanjutnya Anda juga dapat melihat perbedaan hosting dan domain melalui pengembangan keduanya yang berasal dari web developer tertentu. Domain sangat mempengaruhi kegunaan server hosting begitupun sebaliknya. Hal ini juga tergantung pada proses pengembangan pada server hosting sekaligus domain yang Anda gunakan.

Apabila Anda menggunakan domain yang cukup bagus seperti .com, atau .co.id, maka jaringan perangkat komputer yang terhubung ke server hosting akan lebih banyak. Namun, kecepatan akses pada server hosting ini sangat dipengaruhi oleh kapasitas ruang simpan. Situs akan ramai dikunjungi ketika domain bagus serta kapasitas hosting cukup besar.