children book

Tips Menjadi Ilustrator Buku Anak

Design

Sama halnya ketika Anda tidak tahu tentang apa yang dimaksud dengan press release saat pertama kali membuat rilis, menjadi seorang ilustrator buku anak juga tidak mudah. Ada banyak hal yang akan menjadi kendala untuk Anda. Salah satu diantaranya adalah banyaknya illustrator handal yang memiliki skill yang lebih hebat dari Anda.

Karena hal tersebut, jika Anda ingin menjadi ilustrator atau membuat jasa illustrator terutama untuk buku anak, semoga tips berikut bisa membantu Anda.

  • Bangun dan Jaga Rasa Suka

Anda harus suka terlebih dahulu pada apa yang Anda geluti. Jika Anda menadi ilustrator, maka Anda harus suka terlebih dahulu untuk menggambar dan berkreasi. Rasa suka membuat Anda tidak mudah menyerah walaupun  gagal berkali-kali dan agar Anda tetap semangat.

  • Kemampuan Menggambar

Menjadi ilustrator sama halnya dengan menjadi ahli gambar. bedanya, Anda menggunakan tool tertentu. Bisa cat air, bisa juga cat poster maupun menggunakan software seperti adobe illustrator. Latih kemampuan Anda untuk menggambar sesuatu. Tidak perlu harus realistis namun setidaknya gambar Anda tersebut dimengerti oleh orang lain ataupun menggambarkan style Anda.

Jika Anda memiliki style tersendiri, orang yang melihat gambar tersebut akan langsung mengenali gambar Anda. dengan begitu, Anda akan memiliki trademark tersendiri dan itu bisa menjadi nilai plus untuk Anda.

  • Jangan Ragu untuk Meremake Produk

Tidak ada yang salah dengan membuat kembali produk yangs duah Anda coba. Dengan cara ini, Anda bisa membandingkan dan melihat mana yang lebih bagus dan mana yang kurang. Selain itu, remake produk yang Anda miliki juga akan membantu Anda untuk mengetahui sampai mana kemampuan Anda.

tips jasa ilustrasi buku anak

 

  • Memahami Isi

Sebagai ilustrator dari buku anak, maka Anda harus tahu apa isi dari buku tersebut. Jika Anda baru pertama kali membuatnya, tidak ada salahnya untuk melihat cover buku lain. Kemudian, bayangkan dan terapkan pada gambar yang Anda buat tersebut.

Pertimbangkan mengenai jenis gambarnya. Ini karena yang membaca adalah anak-anak maka Anda harus membuat gambar yang disukai anak-anak. Misalnya bukan termasuk gambar dengan pakaian seksi ataupun yang terlalu realistis hingga terlihat menakutkan.

  • Latihan Komposisi

Tidak hanya harus berlatih menggambar, namun Anda juga harus berlatih komposisi. Komposisi tersebut bisa berkaitan dengan objek yang digambar ataupun warna yang digunakan. Jangan sampai Anda menggunakan warna yang terlalu gelap untuk buku anak. Warna yang terlalu gelap akan memberikan kesan yang terlalu sedih atau menakutkan. Sebaliknya, gunakan warna soft untuk buku anak-anak. Dengan begitu anak akan suka dan orang juga akan tertarik untuk membacanya.

  • Selalu Ikuti Perkembangan Tren

Ikuti perkembangan tren yangs edang terjadi. dengan begitu, Anda tahu mana yang harus ditingkatkan dan mana yang harus tetap menjadi style Anda. Jadi, gambar tidak terlihat terlalu ketinggalan jaman.

Semoga informasi ini membantu Anda dan jangan lupa untuk selalu berlatih.