Tips Menulis Email Lamaran Pekerjaan Bagi Fresh Graduated

Tips Menulis Email Lamaran Pekerjaan Bagi Fresh Graduated

Lifestyle Others

Saat ini banyak perusahaan yang menggunakan email lamaran pekerjaan sebagai pengganti sistem konvensional. Selain praktis karena tidak perlu datang langsung ke kantor, cara ini juga lebih hemat. Para pencari kerja tidak perlu mengeluarkan biaya apapun, serta untuk perusahaan akan lebih mudah menyortir lamaran yang masuk.

Sayangnya tidak sedikit orang yang masih bingung bagaimana baiknya menulis email lamaran pekerjaan. Hal seperti ini memang tidak ada aturan bakunya. Namun alangkah baiknya jika menggunakan bahasa yang baik dan sopan untuk memberikan kesan baik pada perekrut. Kamu juga bisa mengikuti beberapa tips menulis email lamaran kerja dalam artikel ini.

6 Tips Menulis Email Lamaran Kerja Bagi Fresh Graduated

Bagi fresh graduated, menulis email lamaran pekerkerjaan harus benar-benar diperhatikan. Hal ini karena minimnya pengalaman kerja, sehingga kamu bisa menunjukkan sedikit kualitasmu salah satunya dalam berkirim email. Kamu bisa mengikuti beberapa tips menulis email lamaran kerja berikut ini:

  1. Perhatikan Alamat Email

Untuk mencari kerja, perhatikan domain alamat email yang kamu gunakan. Pastikan alamat email merupakan email resmi menggunakan nama lengkapmu. Jangan sampai menggunakan nama alay atau alias yang tidak dikenali. Hal ini untuk menunjukkan kepada HRD keseriusanmu dalam melamar pekerjaan.

  1. Beri Keterangan Pada Subjek

Banyak email lamaran pekerjaan yang tidak lolos salah satunya karena tidak dibaca oleh HRD. Kamu tidak ingin hal tersebut menimpamu bukan, jadi pastikan kamu menuliskan subjek email sesuai dengan ketentuan. Jika tidak ada ketentuan baku, setidaknya tuliskan jabatan dan nama lengkapmu dalam subjek email.

  1. Beri Sapaan

Jika kamu mengetahui siapa pengiklan lowongan kerja, alangkah baiknya menggunakan sapaan spesifik dengan nama tersebut. Hal ini untuk memberikan kesan akrab dan bahwa kamu telah sedikit mencari tahu tentang perusahaan.

  1. Tuliskan Maksud dan Tujuan

Tentunya di bagian isi atau body email harus dituliskan maksud dan tujuan. Yaitu berisi jabatan apa yang ingin kamu lamar dan alasan kenapa ingin melamar pekerjaan tersebut. Penjelasan singkat mengenai diri sendiri dan kenapa kamu layak diterima. Jangan lupa jelaskan dan lampirkan semua berkas persyaratan seperti CV atau surat lamaran kerja.

Baca juga tips menulis makalah

  1. Beri Sedikit Perhatian

Di bagian terakhir isi email, tidak salahnya memberikan sedikit perhatian kepada HRD. Perhatian yang dimaksud adalah memberikan ucapat terima kasih dan dukungan untuk bisa mendapatkan kandidat terbaik. Ingat, HRD juga manusia.

  1. Salam Penutup

Terakhir yang harus kamu lakukan adalah tutup dengan salam dan juga nama lengkapmu. Kamu juga bisa menambahkan nomor telepon untuk memberikan konfirmasi untuk kelanjutan proses rekrutmen.

Kamu bisa coba mempraktikan tips di atas untuk menulis email lamaran pekerjaan. Sehingga bisa diterima kerja di perusahaan imipian.