Tips Menulis Makalah Ilmiah yang Benar dan Menarik

Tips Menulis Makalah Ilmiah yang Benar dan Menarik

Others

Makalah ilmiah bukanlah jenis tulisan yang dapat dibuat secara asal atau sembarang. Makalah ini termasuk ke dalam jenis karya ilmiah, dimana penulisannya harus sesuai dengan sistematika dan kaidah yang berlaku. Makalah ilmiah harus didukung dengan data dan sumber terpercaya. Untuk menulisnya dengan baik, pastinya dibutuhkan pemahaman untuk semua elemen dan tips menulis makalah ilmiah yang tepat.

Trik dan Tips Menulis Makalah Ilmiah

Makalah ilmiah yang baik dan benar harus disusun sesuai dengan sistematika dan kaidah-kaidah penulisan karya ilmiah yang berlaku. Namun dibalik sistematika penulisan tersebut, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan seperti permalasah yang diangkat, sumber data bahkan tujuan penulisan. Berikut terdapat beberapa tips menulis makalah ilmiah yang dapat dipergunakan:

  1. Penentuan Tema atau Topik Permasalahan

Tema atau topik adalah arah utama dalam penjabaran permasalahan. Penentuan topik yang tepat akan membantu penulis dalam membuat tahapan selanjutnya. Pilihlah tema yang aktual dengan permasalahan yang relevan bidang anda. Sesuaikan tingkat kesulitan dan estimasi waktu pengerjaan dengan kemampuan diri penulis.

Untuk mendapatkan tema yang sesuai, carilah sumber referensi melalui jurnal, buku, skripsi, berita dll. Kombinasikan atau kembangkan topik yang anda dapatkan, jangan memakai topik dan penjebaran yang sama dengan sumber lain.

  1. Penentuan Judul Makalah

Judul adalah kata yang pertama kali akan dibaca dan diperhatikan oleh pembaca. Judul harus ditulis dengan pilihan kata yang tepat, akurat dan dapat menggambarkan keseluruhan makalah ilmiah yang dibuat. Kata yang digunakan harus informatif dan menarik. Jumlah kata dalam menulis makalah ilmiah tidak lebih dari 15 kata.

Berikut tips menulis makalah untuk elemen judul antara lain:

Buatlah beberapa judul sebagai pilihan dan perbandingan. Gabungkan topik, lokasi dan variabel yang diambil. Kombinasikan dengan kata hubung atau kata depan. Meminta pendapat orang lain untuk list judul yang dibuat akan sangat membantu.

  1. Kumpulkan Bahan Referensi

Makalah ilmiah adalah bagian dari karya ilmiah yang mana tulisan yang dibuat harus di dukung dengan data penelitian atau telaah dari sumber referensi yang relevan dengan topik dan permasalahan yang diangkat.

Bahan referensi dapat dikumpulkan dengan dua cara yaitu:

  • Memanfaatkan perpustakan : Pengumpulan informasi materi ini dapat anda temukan melalui referensi dari perpustakan dengan cara mencari buku dengan card atau online catalog, membuat ringkasan, membuat kutipan, dan memeriksa pustaka yang telah diperoleh.

  • Melakukan wawancara : Narasumber adalah sumber informasi yang didapatkan secara langsung melalui kegiatan tanya jawab.

  1. Menulis Makalah Secara Sistematis

Setiap unsur dalam sistematikan ini harus dibuat sesuai dengan topik dan permasalahan yang dibahas dan didukung dengan data dan sumber yang aktual. Lakukan penulisan secara runtut dari bagian pendahuluan hingga penutup untuk mempermudah, dan jangan lupa gunakan bahasa indonesia yang baik dan benar.

Kegiatan menulis bagi sebagain besar orang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Dibutuhkan pemahaman dan perhatikan khusus untuk berbagai detail penulisan. Tips menulis makalah ilmiah adalah alternatif yang dapat digunakan sebagai jembatan keberhasilan penulisan. Namun hal utama yang harus diperhatikan adalah sistematika dan kaidah penulisan yang berlaku.